Home » , » Resep MPASI Makanan Bayi Soto Belut

Resep MPASI Makanan Bayi Soto Belut




Menurut gw pribadi, anak itu harus cinta ikan. Yah selera memang ga bisa dipaksa, tapi kan bisa diusahakan untuk dibentuk dari kecil. Nah, gw suka males ngasih makan ikan laut krn seempuk - empuknya, ikan laut itu terlalu berserat untuk Lila. Percaya deh gw udah coba mulai dari salmon, tengiri dsb ga ada satupun yang masuk buat Lila. Ya krn itu tadi, dia suka hoek kalo harus menelan serat ikan.

Dari chatting BBG ibu2 WK, gw dpt inspirasi nih dari Levina buat masakin belut. Yup, belut gede yang kaya buat makanan jepang (Unagi) itu lho. Dulu2 gw suka beli di Giant tapi pernah gw beli kata mamah si Kakak makannya ga selahap biasanya. Mungkin kurang seger jadi abis itu gw mutusin buat beli dipasar aja. Lagian lebih murah juga. Harga belut jepang di supermarket nyampe 70-80rb per kilo sementara dipasar 50rb sajah (iya, semahal beli daging -__- )

Belut ini makanan bergizi pengganti ikan laut kalau anaknya alergi. Ada sih alternatif lain macem lele atau patin tapi kalo Lele kan mesti di fillet dulu (males duri2nya) dan patin agak gambling dengan rasanya yang berlumpur itu. Nah, selain enak, gampang empuk dan bergizi, belut ini juga bebas duri. Satu2nya duri yang besar cuma tulang punggungnya aja dan ini gampang banget disingkirkan. Yah, sebenernya gw ga suka banget liat penampakan belut ini. Udah mah licin2 kayak uler (ewww.. I hate snake) udah gitu darahnya juga merah banget kaya darah manusia, serem deh. Tapi demi anak *.* So, mari kita mulai memasak.

Persiapan
  • Potong belut kurleb 10 cm-an ya. Gw biasanya sekali masak ambil 9-10 potong buat makan 3 kali hari itu masing2 porsi makan 3 potong belut ini. Ga usah potong sendiri, minta aja sama abangnya baik di supermarket maupun pasar tradisional.
  • Rendam belut dengan 1sdt garam + setengah butir jeruk nipis. Ini supaya amis2 dan lendirnya ilang yah. Ga usah lama2 rendemnya, cukup sambil kita nyiapin bumbu2.
Bumbu - bumbu
  • 4 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 5 butir merica
  • 1 cm kunyit
  • Sedikit jahe (dikit aja/ bisa seiris tipis gitu)
  • 1 butir kemiri
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 buah sereh kecil dikeprek dan diiket
Cara Membuat
  • Ulek semua bumbu kecuali daun jeruk dan sereh
  • Panaskan 1 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus, masukkan daun jeruk dan sereh. Ini ada tipsnya ya. Kalau memasak bumbu mengandung kemiri + kunyit, si bumbu harus mateng. Jadi harus ditumis agak lama, kl minyaknya kering bisa tambah air sedikit. Soalnya kl ga mateng rasanya jadi langu gitu lho.
  • Cuci bersih belut yang sudah direndam lalu masukkan ke bumbu. Aduk2 sampai belut berubah warna lalu tambahkan air. Masak terus sampai belut empuk. Nah biasanya gw cuma ngerebus belut sampai mendidih aja sebentar trus gw pindahin ke mangkok baru dikukus untuk memaksimalkan nilai gizinya.
Udah empuk.. jadi deeeeehhhhh...

Sumber : http://mrandmrsrizki.blogspot.com/2012/03/resep-mpasi-makanan-bayi-soto-belut.html